Langsung ke konten utama

bagian dalam mesin espresso

Bagian-bagian penting pada mesin espresso di bawah ini harus diperhatikan oleh barista demi terjaganya kualitas rasa dari hasil membaut kopi melalui mesin tersebut. Nah, bagian apa sajakah itu?

1. Portafilter

Portafilter ini adalah alat untuk mengekstraksi bubuk kopi. saat bubuk kopi akan diekstrak oleh portafilter disarankan wadah bubuk kopi harus memiliki suhu yang sesuai. Portafilter  terdiri dari handle, basket, dan spouts.

Tiap barista tentunya sudah familiar dengan portafilter, karena untuk sajian espresso menggunakan mesin kopi espresso hampir semuanya membutuhkan portafilter. Barista menyiapkan rasio tepat antara kopi dan air, menggiling kopi pada level fine ground meletakannya dalam portafilter, tamped ground coffee, keberhasilan sajian espresso bukan hanya pada rasio proses tamping juga memiliki pengaruh terhadap ekstrasi dan mempengaruh rasa.
Portafilter adalah komponen penting dari mesin kopi espresso yang mana prosesnya, air panas akan dialiri secara cepat menuju basket yang berisi ground coffee. Selanjutnya akan mengalir melalui lubang akhir pada portafilter menuju cup, voila! Espresso nikmat tersaji singkat.
Untuk komponen portafilter sendiri ternyata memiliki perbedaan sesuai kebutuhan sajian espresso itu sendiri. Paling umum bagian portafilter terdiri dari handle portafilter, filter basket, tension spring, dan spout.
Handle portafilter | Untuk memudahkan barista memegangnya saat proses persiapan, apakah itu memasukan ground coffee atau ketika tamped ground coffee.
Filter basket | Di sini wadah ground coffee sebelum terekstraksi, yang nantinya air yang di-shot pada bagian ini. Filter basket berbeda sesuai kebutuhan, untuk sajian single shot pada dasar basketcenderung mengkerucut ke bawah dan titik hole lebih sedikit, sedangkan pada double shot filter basketmemiliki titik hole yang banyak pada dasar basket dan lebih besar ukurannya dari basket single shot.
Tension spring | Dasar pada portafilter di mana ini tempat menahan filter basket dan menghubungkan spout untuk mengalirnya espresso setelah ekstraksi. Namun, untuk sajian naked shot menggunakan portafilter tanpa tension spring singgah langsung mengalir ke cup.
Spout | Merupakan titik akhir dari tempat mengalirnya air yang telah menjadi liquid espesso, jenis spoutpun berbeda ada yang memiliki 1 aliran lubang saja, ada juga yang memiliki 2 lubang aliran, bahkan 3 aliran juga ada sesuai kebutuhan.
Tipe Portafilter
Dalam kebutuhan menyajikan espresso, apakah itu single shot, double shot atau naked shot perlu portafilter yang tidak sama, memiliki perbedaan walaupun tidak terlalu banyak, mungkin pada modifikasi filter basket atau modifikasi lainnnya. Beberapa mesin kopi espresso tidak bisa dipasangkan dengan portafilter lain.
Pressurized Portafilters

Tahap awal dari berbagai portafilter yang ada, akan lebih mudah digunakan untuk barista yang ingin belajar dasar dari penyajian espresso. Ditandai dengan aliran air yang dipaksa mengalir ke lubang spout yang kecil menuju cup. Sehingga sangat memudahkan, tidak perlu keahlian khusus dan tidak perlu khawatir kesalahan tamping.
Non-Pressurized/Comercial Portafilters
Butuh penyesuaian filter basket untuk sajian espresso shot yang berbeda, namun aliran liquid espressoleluasa tidak dipaksa seperti pressurized. Yang banyak dipakai di coffee shop adalah portafilter ini, karena sesuai kebutuhan untuk menyajikan espresso secara cepat.
Portafilter ini dibuat tanpa ada dasar tension spring di dalamnya, tidak ada lubang aliran liquid menuju spout, air akan langsung mengalir ke filter basket menuju cup. Kelemahan portafilter ini, perlu keahlian khusus saat tamping, karena bila tamping yang tidak tepat, aliran liquid tidak merata pada satu titik.
Pod Portafilters
Era Easy Service Espresso sangat memudahkan mereka yang ingin membuat espresso, pada mesin semi automatic, dengan pod portafilter tidak perlu keahlian khusus. Hanya pastikan ground coffeedengan tingkat grind yang ideal.
2. Tamper

Alat ini berfungsi untuk memadatkan bubuk kopi pada portafilter. Caranya dengan sang barista menekan bubuk kopi di dalam tamper dengan telapak tangan.

Seberapa Penting Proses Tamping?
Tamping adalah cara barista untuk memadatkan bubuk kopi (untuk menghasilkan espresso) agar menyatu erat ke dalam portafilter. Bubuk kopi ini haruslah merata agar tak terjadi hal-hal yang diinginkan. Itu kenapa diperlukan sedikit tenaga dalam proses ini. Semakin rata dan padat bubuk kopi maka akan semakin baik hasil kopi. Karena setelah portafilter dimasukkan ke dalam mesin espresso, maka air dengan tekanan tinggi akan keluar dari mesin dan menghasilkan esktraksi lalu terciptalah espresso.
Coffee Tamping
Pentingnya tamping untuk membantu proses ekstraksi adalah agar memberikan sedikit ruang di bagian atas kopi ke tempat dimana air akan keluar dari mesin. Karena bubuk kopi yang telah basah akan mengalami perubahan ukuran (sedikit lebih besar dari sebelum dibasahi), yang kadang memberikan hasil yang tak diduga-duga. Alasan lain adalah karena terkadang air tak mau keluar dengan sempurna. Air terkadang tidak memberikan tekanan yang sesuai untuk melakukan ekstraksi dan mengeluarkan cita rasa terbaik. Jika bubuk kopi dipadatkan dengan baik maka air akan dengan mudah memasuki celah karena ada jarak antara portafilter dan tempat keluarnya air.
Bagaimana Metode Terbaik Tamping?
Barista di sebuah coffee shop akan melakukan proses tamping berkali-kali karena banyaknya pelanggan yang memesan kopi. Mereka yang pemula mungkin akan pegal jika tidak mengetahui trik terbaiknya. Jika kamu ingin melakukan proses tamping pastikan siku berada di posisi 90 derajat atau tegak lurus. Tamper dipegang dengan ibu jari dan telunjuk di sisi kanan kirinya agar kopi merata seluruh sisinya. Lalu lakukan penekanan perlahan dengan menumpu berat tubuh pada tamper. Tak perlu menekan sekuat tenaga dengan tamper diputar-putar. Selain itu jangan lupa meratakan bubuk kopi sebelum melakukan proses tamping. Tak hanya itu sangat disarankan untuk menimbang kembali bubuk kopi yang sudah masuk ke dalam portafilter sebelum kamu melakukan proses tamping. Akurasi tak bisa disepele
Posisi yang benar saat melakukan tamping
Rekomendasi Tamper Untuk Barista
Ada banyak sekali jenis tamper yang tersedia di pasaran. Tamper diciptakan dari berbagai material, ukuran serta desain. Disarankan memilih tamper yang nyaman pada saat dipegang. Karena setiap orang memiliki ukuran dan bentuk tangan yang berbeda, sangat disarankan untuk memilih tamper yang nyaman dalam genggaman. Tamper seperti Pullman Barista Tamper dan Motta Tamper adalah dua nama yang dikenal sebagai tamper terbaik. Kedua brand ini juga memiliki banyak jenis material dan desain yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu.

3. Group Head
Di dalam group head inilah proses ekstraksi kopi dengan tekanan tinggi berlangsung hingga menghasilkan satu shot espresso beraroma harum dengan crema menghias di permukaannya. 

4. Knockbox

Ketika espresso dihasilkan, maka kemana ampas kopi? ia akan ditampung ke dalam knockbox ketika kopi usai diekstrak oleh portafilter.

5. Extraction Switch

Berupa tombol yang fungsinya adalah untuk memulai dan menghentikan proses ekstraksi kopi. pada mesin espresso otomatis tombol ini akan secara otomatis mati. Namun bila pada mesin espresso semi otomatis, tombol ini harus kita tekan manual untuk memulai dan menghentikan proses ekstraksi kopi.

6. Steam Knob

Ini juga berupa tombol yang fungsinya untuk menghidupkan dan mematikan steam (uap panas) yang asalnya dari steam wand. Mayirtas mesin espresso di pasaran memiliki tombol steam knob yang bisa diputar-putar untuk mengatur seberapa jumlah keluaran uap yang diinginkan.

7. Steam Wand

Stema wand bukanlah tombol, ia adalah tangki yang mengeluarkan uap. Uap ini biasanya digunakan untuk proses frothing, memanaskan atau membuihkan susu. Jangan coba-coba menyentuh steam wand sebab ia adalah bagian terpanas dari mesin espresso dan cappucino. Untuk itu Coffindo Lovers harus berhati-hati agar kulit tidak terbakar.

8. Drip Tray

Wadah ini terbuat dari stainless, berfungsi untuk menampung ampas kopi, sampah hasil pembuatan kopi juga menampung air.
Bagi Coffindo Lovers yang ingin memiliki mesin kopi espresso dan cappucino, kami merekomendasikan COFFINDO Coffresso Capsule. Selain harganya terjangkau, mesin ini juga ramah lingkungan. Desain yang mini ocok bagi Coffindo Lovers yang memiliki coffee shop kecil.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KODE AIRLINE DOMESTIK & INTERNASIONAL

KODE AIRLINE (TWO LETTER CODE) DOMESTIK & INTERNASIONAL Setiap airline mempunyai kode  askapai yang berbeda-beda, kode maskapai ini biasa disebut two letter code. Kode airline ini biasa kita lihat pada jadwal penerbangan di bandara atau di tiket pesawat pada nomor penerbangan.   NAMA AIRLINE KODE AIRLINE Garuda Indonesia GA Lion Air JT AirAsia Indonesia QZ Sriwijaya Air SJ Citilink QG Merpati Nusantara (off) MZ Aviastar MV Batik Air ID Trigana Air TN Mandala Air/ Tiger Airways RI KalStar Aviation KD Airfast Indonesia FS Wings Air IW Express Air XN Sky Aviation SY Susi Air SI Berikut adalah kode airline Internasional yang terbang di Indonesia : NAMA AIRLINE KODE AIRLINE Air China CA AirAsia AK All Ni

GAGAL DAN BANGKIT

    BANGKIT Mempunyai impian besar atau cita-cita yang tinggi adalah bagian yang paling mudah. Karena bagian yang tersulit adalah, harus terus berjuang dari hari ke-hari sambil terus menjaga agar impian tersebut tetap hidup. Sehingga mereka pun menolak untuk men-challenge diri mereka sendiri. Dan hasilnya? Jangan heran kalau mereka pun tidak akan pernah mencapai sesuatu yang benar-benar hebat. Karena Nothing great ever came easy , tidak pernah ada satu pun pencapaian hebat yang datang dengan gampang. Ketika anda tau kunci kegagalan, Anda akan tau kunci kesuksesannya Dan pelangi tidak akan indah jika hanya satu warna saja roda pasti berputar Menurut gua salah satu caranya harus berubah secara pola pikir, bersabar dan keluar dari zona nyaman yang biasa kita lakukan sehari-hari. Karena semua orang gatau kedepan nya bakal gimana, karena semua rencana udah diatur sama tuhan. Karena orang yang berhasil berawal dari proses. Gak bisa langsung instan. So, kalian harus n